Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu maju pesat dijaman sekarang, beberapa dari perusahaan swasta maupun BUMN mulai beralih membuka lowongan kerja via internet yang pada umumnya surat lamaran kerja dikirim melalui email. meskipun masih ada yang sebagian perusahaan yang masih menerima surat lamaran kerja lewat jasa Pos.

Kebanyakan perusahaan menyertakan alamat perusahaan mereka pada lowongan kerja yang mereka pasang, sehingga membuka peluang Anda untuk dapat mengirimkan lamaran pekerjaan Anda lewat email. Banyak pertimbangan yang memberikan keuntungan jika kita mengirim lamaran melalui email diantaranya menghemat biaya disamping lebih praktis dan cepat.

Baiklah tidak usah panjang lebar lagi mari kita bahas bagaimana caranya, untuk kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengirim email menggunakan Yahoo! Mail sebenarnya kurang lebih sama dengan Google Mail, hanya berbeda produk saja. Langkah-lahngkah yang dilakukan untuk mengirim email menggunakan layanan Yahoo! Mail adalah sebagai berikut :

  • Anda harus mempunyai account di Yahoo! Mail. jika belum, anda harus mendaftarnya. Cara mendaftar Yahoo Mail.
  • Masul di Cek Email, terus akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
      Sign In to yahoo! www.ymail.com ketik username email Anda beserta pasword, lalu tekan enter/klik sign in.

  • Klik New>Email Message yang terdapat pada sebelah kiri halaman.

  • Isilah formulir tulis email sebagai berikut
  • a. To.                : diisi dengan alamat email perusahaan yang dituju
    b. Cc.               : ini merupakan tembusan, dalam penulisan email lamaran ke perusahaan tidak terlalu di perlukan anda bisa mengabaikannya
    c. Subject         : Diisi dengan judul email, dalam hal ini adalah Lamaran pekerjaan
    d. Attach a file : kita dapat melampirkan surat lamaran & CV kita pada email menggunakan fasilitas ini, langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :
    >> klik Lampirkan File atau attach files.

    >> Pilih file yang akan dilampirkan, lalu klik Open.
     
    >> Ulangi poin 2 untuk mengupload file CV Anda. pada lampiran file di beri batas lampiran yaitu 5 lampira. Jika Anda ingin melampirkan lebih dari 5 lampiran file, klik lampirkan beberapa file lagi
    >> klik Lampirkan File/Attach files. akan muncul proses upload, tunggu sampai proses tersebut selesai.

    e. Badan Email : disini Anda dapat menuliskan isi pesan Anda, secara singkat, dengan bahasa yang sopan dan rapi.

    >>Klik Kirim/Send

    Pengiriman lamaran pekerjaan via email ini selain praktis anda juga dapat melamar beberapa perusahaan sekaligus dalam sehari. Namun, saya harap jangan pernah anda berpikir bahwa hanya anda sendiri yang melamar pekerjaan diperusahaan tersebut karena ada ratusan hingga ribuan orang diluar sana yang membutuhkan pekerjaa seperti Anda. Oleh karena itu, Anda mungkin tidak langsung menerima email balasan dari perusahaan tempat Anda mengirimkan lamaran. Mungkin butuh 1-2 minggu, atau bahkan 1 bulan lamanya bagi perusahaan untuk menyortir serta menyeleksi lamaran yang ada, baik itu lewat pos atau lewat email. Saran saya setidaknya anda mengecek email Anda secara teratur, untuk melihat apakah ada balasan atau tidak. Tetapi kebannyakan perusahaan langsung menghubungi anda via telp untuk itu Anda jangan lupa menyertakan nomor telp/hp yang valid agar perusahaan yang akan merekrut anda dapat menghubungi Anda segera.

    0 Response to "Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email"

    Post a Comment

    wdcfawqafwef