Apa Yang Dimaksud Dengan Domain dan Hosting ?

apa yang dimaksud dengan domain dan hosting? Buat teman-teman yang ngerti internet tentunya sudah pada tahu apa itu domain dan hosting, tetapi tidak sedikit juga orang mengetahui apa itu domain dan hosting terutama para pemula (Newbie) blog. Sedikit keterangan bahwa domain dan hosting ini selalu berpasangan artinya tidak ada domain tanpa hosting dan tidak ada hosting tanpa domain (bagaikan gula dan kopi) .


Jadi saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan domain dan hosting?
Apa Itu Domain?

Domain atau lebih lengkapnya Nama Domain adalah nama yang diguanakan untuk menunjuk suatu alamat hosting. Sedikit penjelasan nama asli dari website kita berupa angka (26.68.210.213) jadi agar kita tidak pusing menghafal angka-angka tersebut makanya dibuatlah nama domain misalnya google[dot]com. Contoh nama domain [dot]com -[dot]net -[dot]org-[dot]info-[dot]co[dot]id dan lain-lain.

Apa Itu Hosting?

Hosting adalah suatu komputer yang harus terhubung dengan internet 24 jam sehari dimana digunakan untuk menyimpan data-data situs kita. Jika kita mempunyai sebuah komputer dirumah sebenarnya bisa digunakan sebagai hosting. hanya saja perlu komputer yang kuat dan handal untuk bisa menangani permintaan website. Tapi kita bisa menyewa komputer orang lain untuk menempati website kita dan inilah yang dinamakan layanan hosting.

Ada 3 jenis hosting yaitu shared hosting, virtual private server (VPS) dan dedicated hosting.

Shared Hosting adalah hosting yang pemaikaiannya dibagibersama-sama pemilik web yang lain. Biasanya aturan untuk shared hosting ini lebih ketat karena anda menggunakan hosting yang sama dengan orang lain.

VPS adalah sebenarnya hampir sama dengan shared hosting hanya aturan VPS lebih dilonggarkan dan harga juga lebih mahal.

Dedicated Hosting adalah hosting dengan memberi kekuasan penuh untuk mengaturnya. Kelebihannya antara lain besarnya memori dan Ruang hardisk, tetapi anda membutuhkan kocek lebih dalam untuk memakai hosting ini.

Demikianlah pembahasan Apa Yang dimaksud Dengan Domain dan Hosting semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Yang Dimaksud Dengan Domain dan Hosting ?"

Post a Comment

wdcfawqafwef