Tempat Penyimpanan Data Ponsel

Tempat  penyimpanan  data  atau  komponen  yang  menyimpan  data  atau  program  dari  Pesawat Telepon Selular terbagi menjadi beberapa bagian yang masing-masing mempunyai tugas yang saling berkaitan satu sama lainnya. Komponen itu antara lain :

EEPROM ( ELEKTRICALLY ERASE PROGRAMABLE READ ONLY MEMORY )

Komponen  ini  berfungsi  sebagai  tempat  penyimpanan  data  pada  Pesawat  Telepon  Selular  yang dirancang tidak tergantung dengan adanya arus listrik dari Pesawat Telepon Selular  tersebut, karena sudah ada baterai khusus atau arus listrik yang telah dimilikinya, biasanya komponen ini menyimpan data pabrikseperti  IMEI1,  IMEI2,  Security  Code,  Versi  Program  dan  Tanggal  Pembuatan.  Untuk nokia keluaran terbaru data yang terdapat pada komponen  ini tidak dapat dirubah.

IC FLASH
Komponen ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data pada Pesawat Telepon Selular yang tidak permanen dalam kata lain dapat dirubah atau ditambah dengan data-data yang berada pada perangkat komputer,  alat  ini  fungsinya  sama  dengan  harddisk  yang  terdapat  pada  perangkat  komputer, sedangkan untuk data itu sendiri terbagi menjadi beberapa bagian seperti:

MCU (MASTER CONTROL UNIT )
MCU  ini  adalah  data  yang  ada  didalam  Pesawat  Telepon  Selular  yang  bertempat  tinggal didalam IC AUDIO. Data ini adalah data yang permanen atau bawaan pabrik   seperti Versi program dari Pesawat Telepon Selular, IMEI, Tahun pembuatan, Phone code. Untuk Nokia DCT-3,  kita  bisa  mengambil  data  ini  dari  Pesawat  Telepon  Selular  yang  masih  baik  dan kemudian akan di simpan di dalam komputer dengan akhiran file *.fls, satu file ini sebenarnya menyimpan dari dua data yaitu MCU dan PPM dengan menggunakan program flasher DCT-3, akan  tetapi  walaupun  tergolong  Pesawat  Telepon  DCT-3,  jika  menggunakan  Program FLASHER  GRIFFIN,  UFS-3,  Prodigy,  atau  program  flasher  baru  lainnya  data  akan  tetap datanya terbagi menjadi dua   yaitu MCU dan PPM. dan pada MCU diakhiri Angka 0, dan PPMnya diakhiri huruf Abjad. Tetapi tidak semua jenis Pesawat Telepon Selular yang kita bisa ambil  datanya.  Seperti  Pesawat  Telepon  Selular  yang  tergolong  kelompok  DCT-4  atau Pesawat Telepon Selular baru lainnya. karena sudah ada data yang disediakan oleh pembuat program ini. Biasanya akhiran dari data-data ini seperti MCUnya tetap berakhiran Angka 0, dan PPMnya juga berakhiran huruf abjad. Kecuali Nokia type 3650, 7650, dan 6600, atau Pesawat Telepon Baru lainnya akan berakhiran Cx atau C1 untuk MCU
 
PPM ( PROGRES PROGRAM MANAGER )
Data ini hampir sama dengan MCU, karena data ini juga berupa program yang akan dikirim kedalam Pesawat Telepon Selular tetapi hanya dikhususkan Bahasa, Ringtone, atau Program standart dari Pesawat Telepon Selular tersebut. Dan data ini tidak permanen atau dapat dirubah dan ditambah dengan program-program baru yang ada didalam perangkat komputer sedangkan untuk data PPM ini, datanya diakhiri dengan huruf Abjad seperti A,B,C, …Z bahasa indonesia biasanya akhirannya abjad F, T, W, dan lainnya tergantung dari jenis program flasher yang digunakan untuk memprogram ulang Pesawat Telepon Selular. Kecuali untuk jenis   Nokia Type 3650, 7650, 6600, atau Pesawat Telepon Selular baru lain biasanya akan diakhiri dengan angka 32, karena angka ini menyimpan data yang didalamnya terdapat bahasa Indonesia

C.F ( COMPACT FLASH ) DAN CP. FILE ( CONTENT PACKAGE FILE )
Dalam  data  ini  akan  data  yang  dibutuh  untuk  Pesawat  Telepon  Selular  yang  memang menggunakan aplikasi tersebut. Biasanya data ini digunakan Pesawat Telepon Selular yang berbasis java, Program ini terdiri dari aplikasi, permainan, lagu, dan gambar yang dibutuhkan oleh Pesawat Telepon Selular keluaran baru atau yang berbasis java

RAM ( RANDOM ACCESS MEMORY )
Komponen ini merupakan tempat penyimpanan data, akan tetapi sifatnya hanya sementara, karena komponen ini bekerja akan tergantung dari pada arus listrik yang terdapat di dalam komponen tersebut. Jika Pesawat Telepon Selular itu di matikan maka secara langsung data yang terdapat dalam komponen tersebut akan hilang. Selain tugasnya untuk menyimpan data, komponen ini juga sangat berpengaruh atas kinerja dari aktifitas CPU. Semakin besar kapasitas dari RAM maka akan baik pula kinerja dari CPU yang bertugas mengolah seluruh data yang terdapat dalam Pesawat Telepon Selular. CPU tidak akan bisa bekerja jika komponen RAM ini rusak atau kurang baik.

C.P.U ( CENTRAL PROCESSING UNIT )
Komponen  CPU  ini  terdiri  dari  beberapa  komponen  elektornika  yang  terintegrasi  yang  mempunyai  fungsi sesuai dari tugasnya masing-masing. Komponen ini mempunyai tugas yang sangat banyak, karena komponen ini yang akan mengatur atau otak dari Pesawat Telepon Selular dalam kata lain CPU ini adalah pusat dari sistem kerja Pesawat Telepon Selular, semua data akan diolah atau diproses sehingga akan menghasilkan suatu informasi atau perintah yang akan dijalankan oleh komponen-komponen terkait yang terdapat dalam Pesawat Telepon Selular.

0 Response to "Tempat Penyimpanan Data Ponsel"

Post a Comment

wdcfawqafwef