Daftar Provider Terbaik Untuk Paket Internet Yang Cukup Memuaskan

Saat ini operator seluler GSM dan CDMA Indonesia bersaing dalam menawarkan paket internet yang menarik pelanggan dengan berharga yang terjangkau, tetapi tidak semua provider seluler memberikan hasil yang memuaskan bagi para konsumennya termasuk penulis "curhat". Pantas saja Indonesia berada dalam daftar 138 negara dengan kecepatan akses internetnya.
Kembali ke laptop, kita pun bingung ingin berlangganan internet tapi harus memilih provider internet yang mana? ok langsung saja, inilah daftar provider terbaik untuk paket internet yang cukup memuaskan versi desaintekom. 

1. Smartfren
 Operator berbasis CDMA ini menawarkan paket data internet dari unlimeted, Based sampai dengan Postpaid Unlimited dan Volume Based. Brand & Corporate Marketing Communication Division Head PT Smartfren Telecom Tbk Roberto Saputra mengklaim paket data miliknya berkecepatan tinggi sesuai kebutuhan pelanggan. Secara garis besar ada tiga paket internet Smartfren Connex. 
  •  Pertama, True Unlimited yang dibanderol Rp 5.000 per hari hingga Rp 90.000 per bulan. Paket ini tidak ada batasan volume dan FUP. Batasan hanya kecepatan unduh hingga 384 Kbps dan unggah 128 Kbps. 
  • Kedua, paket Volume Based dari 20 MB per hari seharga Rp 1.000 hingga 6 GB selama 30 hari senilai Rp 100.000. Ada juga paket Volume Based 12 GB dengan kecepatan unduh 3,1 Mbps seharga Rp 150.000 per 30 hari. 
  • Ketiga, Postpaid Unlimited dan Volume Based. Pelanggan pascabayar cukup membayar biaya antara Rp 50.000 - Rp 275.000.
Layanan Smartfren mengusung teknologi CDMA 2000 1x EV-DO. Untuk akses optimal, harus didukung handset yang sesuai. Jaringan EVDO REV A bisa menikmati kecepatan akses hingga 3,1 Mbps. Sedangkan inovasi terbaru Smartfren yaitu USB modem Rev B phase 2 bisa menikmati kecepatan internet hingga 14.7 Mbps.  

2. Esia
 PT Bakrie Telecom baru saja meluncurkan program baru mereka yang diberi nama ESIA Max-D atau kepanjangan dari ESIA Maximum Data. Esia Max-D diluncurkan untuk memanjakan para pelangganannya dan untuk menjawab pertanyaan seputar keluhan pelanggan saat berinternet seperti kecepatan yang lemot, kuota cepat habis, dan lain-lain.

Untuk urusan paket internet yang ditawarkan ESIA Max-D ini diklaim tidak pilih kasih, artinya semua paket diberikan kecepatan yang sama yaitu download up to 3,1 Mbps dan upload 1,8 Mbps. Anda bisa memilih paket dari yang harga Rp 25.000,- sampai Rp 500.000,- tentunya dengan kuota yang berbeda yaitu dari 600 MB sampai 35 GB. Semua paket ESIA Max-D diterapkan hanya untuk bulanan saja, yang harian atau mingguan belum ada. 
 
3. Telkomsel
Andalan terbaru untuk mengerek penjualan paket data PT Telkomsel adalah voucher Flash Unlimited berdenominasi Rp 50.000 dan Rp 100.000 dengan value lebih besar 25% dari value data yang existing saat ini. Voucher ini berlaku untuk berlangganan paket data di ponsel maupun nonponsel.

Paket data ponsel ada dua macam, berbasis volume dan unlimited. Untuk paket berbasis volume, ada paket Rp 1.000 hingga Rp 400.000 dengan value menyesuaikan. Sedangkan paket unlimited tersedia mulai dari Rp 5.000 - Rp 200.000. Tiap paket memiliki kecepatan dan limit kuota berbeda, mulai dari 384 Kilobyte per second (Kbps) dengan FUP 30 MB hingga 2 Mbps dengan FUP 2,5 GB.

Agar tak dianggap menyedot pulsa pelanggan seenaknya, Telkomsel memiliki dua tipe registrasi paket data. Ada registrasi untuk pembelian satu kali yang tidak otomatis diperpanjang dan model registrasi berlangganan yang otomatis diperpanjang bila masa paket aktif telah habis.

Yang unik, Telkomsel memiliki paket Midnight Data Access. Ini adalah paket internet unlimited yang hanya dapat dipakai dari pukul 00.01 sampai 05.59. “Paket ini cocok untuk mereka yang gemar download, streaming atau mereka yang suka mengakses internet di malam hari.

4. Indosat
Division Head Mobile Data Segment PT Indosat Tbk Nina Winata bilang, Indosat masih mengandalkan layanan IM2 yang bisa dipakai melalui USB Modem Dongle untuk paket internet tanpa voice. Sejak 1 Februari lalu, Indosat meningkatkan layanan IM2 Broom. Berupa, penambahan kuota per paket, kecepatan akses internet 7,2 Megabyte per second (Mbps) dan pilihan paket mulai dari Rp 50.000 - Rp 200.000 per bulan.

 Indosat sengaja mendedikasikan paket IM2 untuk pengakses internet dengan layar lebar (large screen) seperti laptop atau netbook. Untuk paket data internet di small screen seperti telepon pintar, Indosat merilis paket data yang sifatnya add on alias Indosat Mobile.

Kuota di small screen lebih rendah dari large screen. Nina, memisalkan paket Indosat Mobile Rp 100.000 hanya mendapat kuota 1,2 GB. Walau lebih rendah, kuota data tersebut sudah mencukupi kebutuhan normal pelanggan. “Secara umum sudah cukup, asal bukan abuser internet,” katanya.

Selain paket berbasis kuota, Indosat juga menyediakan paket data unlimited dengan fair usage policy (FUP) 1 GB - 1,2 GB. Bila limit terlewati, kecepatan akses akan diturunkan. Untuk paket kuota, bila terlewati, kecepatan akses sama tapi pelanggan mesti membayar Rp 1 per kilobyte.

5. XL Axiata

Paket Internet HotRod 3G+ menjadi gacoan PT XL Axiata Tbk dalam bersaing meraih pelanggan. Manajer Public Relation XL Henry Wijayanto yakin paket ini mampu menjawab kebutuhan konsumen atas koneksi internet yang cepat dengan tarif bersaing. “Paket ini menawarkan kecepatan akses hingga 3,6 Mbps.

XL membanderol paket HotRod 3G+ ini dalam kuota paket dan masa aktif sekaligus. Kuota paket ini mulai dari 5 Megabyte (MB) dengan masa aktif satu hari seharga Rp 2.000 hingga
6 Gigabyte (GB) bermasa aktif 30 hari senilai Rp 199.000.

Paket ini bisa didapat semua pelanggan kartu XL, baik prabayar maupun pascabayar. Pelanggan cukup registrasi di *123#, pilih Internet/BB, kemudian pilih Internet HotRod 3G+. Pelanggan bisa langsung akses internet sesuai kuota yang dipilih pada saat registrasi. Prinsipnya, HotRod 3G+ adalah paket internet yang bisa dinikmati oleh pelanggan XL dengan paket telepon apa pun dan di area mana saja (nasional).

Konsumen bisa memanfaatkan paket ini baik di ponsel maupun nonponsel. Untuk layanan di handphone, XL mengakomodir aneka perangkat ponsel mulai dari BlackBerry, iPhone, Android, dan lainnya. Adapun pelanggan yang mengakses layanan internet XL dari laptop dan tablet, dapat manfaat yang lebih maksimal karena memiliki layar lebih lebar dari ponsel.

wdcfawqafwef